Minggu, 10 April 2022

SEMIOTIKA DALAM IKLAN LE MINERAL

Pendahuluan :

      Membahas dan membicarakan tentang iklan baik itu iklan di televisi, koran, majalah, maupun iklan yang bertebaran di sepanjang jalan atau trotoar merupakan topik atau hal yang hangat dan sering diperbicangkan. Menyangkut hal tersebut, iklan yang ditayangkan di media visual maupun cetak itu amatlah beraneka ragam; mulai dari iklan produk barang kebutuhan pokok hingga produk barang bermerk dari perusahaan yang ternama untuk mempromosikan suatu produk.

        Iklan bertujuan atau berfungsi untuk mempromosikan suatu produk tertentu, pastinya iklan menggunakan kalimat, frase, atau jargon yang persuasif atau dengan kata lain, berupaya merayu para khalayak umum agar membeli, mengkonsumsi, atau mempergunakan produk yang diiklankan tersebut. Nah, kalimat, frase, atau jargon yang dipergunakan di dalam iklan itu pastilah yang menarik, mudah diingat, dan mudah dipahami oleh semua kalangan; baik dari kalangan yang berpendidikan rendah sampai kaum intelektual atau cendekiawan.

           Dalam hal ini, iklan yang akan dijadikan sebagai objek kajian dan dibahas produk salah satu air minum kemasan yaitu (Le Minerale) yang diproduksi oleh PT Tirta Fresindo Jaya,  dimana menurut teori Semiotika yang saya pilih karena didalam iklan tersebut mengandung kata-kata yang bisa diingat setiap orang menjadi sebuah penanda dan tinanda.













Isi :

        Disetiap iklan atau TVC secara Semiotik pasti akan ada kalimat-kalimat (Pesan) ajakan atau merayu orang-orang yang melihat iklan tersebut, seperti di iklan ini ada kalimat "Lebih fresh, Lebih plong" dan "Desainnya keren banget" sebuah kata-kata yang menurut kebanyakan orang adalah kata-kata yang sedikit melebih-lebihkan tapi yang namanya sebuah iklan, setiap tim yang bekerja dalam Pembuatan TVC tersebut akan bekerja keras agar produk yang mereka produksi untuk iklan tersebut menarik untuk dilihat. dan ada lagi sebuah Jargon "Kaya ada manis-manisnya" kata-kata ini yang bisa membuat orang-orang ingin membeli dan membuktikan apakah benar Produk tersebut mempunyai rasa manis dan akhirnya orang-orang berbondong bondong ingin mencobanya. sehingga orang-orang yang melihat iklan tersebut memiliki Kesan yang unik ketika mendengar kata-kata "Kaya ada manis-manisnya" mereka akan langsung mengingat Produk tersebut.















Kesimpulan :

            Setiap iklan yang kita lihat/jumpai mempunyai cara masing-masing untuk memasarkan setiap produk-produknya, air putih yang kita konsumsi baik bagi kesehatan terutama dalam mengurangi dehidrasi dan mampu meningkatkan konsentrasi bagi orang yang mengkonsumsinya, Le Minerale menawarkan air putih berkualitas dan tidak lupa dengan jargon "kaya ada manis-manisnya" sebuah ide yang bagus untuk mengiklankan sebuah produk Air minum kemasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar